Minggu, 23 Oktober 2011

Perayaan Karir Dan Apresiasi Cinta Vina Panduwinata


Bahagia betul rasa hati Vina Panduwinata dalam konser Viva Vina yang sukses digelar sabtu (18/2) di Plenarry Hall, Jakarta. Tampil maksimal dengan membawakan 23 lagu, Vina juga akrab menyapa semua yang hadir, mulai dari sahabat, kerabat sampai ribuan penonton yang memadati venue. Sungguh konser comeback yang menakjubkan. 
 
Musik dalam Konser Viva Vina diarsiteki oleh Addie MS, kekasih hati Vina dalam bermusik. Kolaborasi dua sahabat ini berjalan nyaris sempurna dan intim. Salut buat teteh’ Vina yang sangat komunikatif pada penonton. Sapaan hangatnya mengisi ruang-ruang kosong dalam pergantian lagu.

Kemunculan Vina ditandai dengan lagu Aku Makin Cinta. Vina berjalan dari arah penonton ke panggung sambil sesekali mencium sahabat-sahabatnya yang hadir. Kebahagiaan Vina terpancar disepanjang konser. Saat Vina membawakan single ‘Aku Melangkah Lagi’, venue mulai ramai dengan koor penonton. Hebat ! malam itu cukup banyak anak muda yang datang, dan mereka hapal lagu-lagu Vina.

“ Tuhan memberi izin saya untuk konser dari 25 tahun saya berkarir, “ tutur Vina pada sekitar lima ribu penonton. “ ini adalah Impian saya, kedekatan, dan lewat musik, bernyanyi kita bisa menjadi satu, “ Imbuh Vina dalam Konferensi persnya. Ibu satu anak ini dengan ramah meng’absen’ sahabat-sahabatnya mulai dari Bob Tutupolly, Guruh Soekarnoputra, Titik Puspa, Oddie Agam, Dodo Zakaria dan Bens Leo. Enggak Cuma mereka, teman-teman pencipta lagu hitsnya juga disapa dengan hangat. Seneng deh punya sahabat kayak teteh Vina.

Meski ‘ribet’ mengabsen, namun Vina dapat menjaga kualitas vokalnya. Di lagu kelima, Vina membawakan single trademark nya, Burung Camar. Venue kembali riuh, Suasana menghangat kembali. Serangkaian single kondang di masanya pun dibawakan dengan aransemen segar gubahan Addie MS dan Twillite Orchestranya.

“ Eh kamu nyamber aja, “ “ Udah kenceng, salah lagi, “, , “ Penonton maaf ya, yang difestival ini berisik, tapi kalo enggak gitu enggak rame kan, “ itu sebagian sapaan hangat Vina pada penonton. Semua mengalir manis dan tulus. ‘Kericuhan’ muncul saat Ilham, keponakan Vina, ‘ngerecokin’ lagu Surat Cinta dengan irama rock. Seger banget ! Cuma sayang versi asli lagu itu tidak diampilkan lagi, kurang gimana gitu.

Ibu satu anak ini membawa ‘pasukan cilik’ dalam lagu Kumpul Bocah. Single gubahan Dodo Zakaria ini mulanya berlirik nakal, namun segera diminta koreksi oleh Vina. Penasaran ? ah nyesel kan enggak nonton. Bicara anak, Vina mendedikasikan lagu ‘Anakku’ untuk semua anak di dunia ini. Dengan lembut ia membawakan lagu itu sambil menatap mesra putranya, Vitto.

Enggak Cuma teman sezaman aja yang diundang. 3 Diva juga hadir di konser Vina. Suatu kehormatan besar juga, Anggun dan Sheila Majid hadir secara khusus untuk menapresiasi karya sahabatnya ini. Sungguh malam persahabatan yang indah.

Pada ‘Begitulah Cinta’, Vina mengajak Sheila Majid dan Harvey Malaiholo bernyanyi bersama. Hasilnya ? mantap. ‘Didadaku Ada Kamu’, wah versi teteh Vina lebih oke, mature, dan keren. Di lagu ke 16, fiuuh konser udah berjalan dua jam, Vina mengganti kostumnya yang didesain oleh Anne Avantie. Jujur aja, ‘Kebaya Romanum’ ala Anne bener-bener fantastic dan memancarkan aura bintang seorang Vina Panduwinata.

Venue belum mendingin meski malam beranjak larut. Single ‘Dia’ membangunkan penonton kembali dan menggelitik lidah untuk ikut bernyanyi. Puncaknya, WOW, menutup konser dan menggoreskan kenangan manis bagi penonton yang hadir malam itu. Applouse meriah, gelak tawa, kegembiraan dimana-mana.

Total 24 lagu dibawakan nyaris sempurna oleh Vina Panduwinata. Kendala sound di awal konser bisa dimaklumi, tidak menjadi cacat. Konser ini menandai 25 tahun Vina berkarya dan wujud apresiasi cinta terhadap semua orang yang menyayangi si ‘Burung Camar’. Vina cinta kita semua, begitupula sebaliknya. Ah, ‘ternyata aku makin cinta, cinta sama kamu, hanya kamu seorang kasihku’. Viva Vina !



 
( also published on www.kafegaul.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar